FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

Kompetitif dan Berwawasan Internasional

PKKMB 2018 dihadiri Menristekdikti

Rabu, 05 September 2018 ~ Oleh Bayu Priyatna ~ Dilihat 416 Kali

Program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UBP Karawang pada tahun akademik 2018/2019 dilaksanakan pada tanggal 1 s.d. 3 September 2018 di kampus UBP Karawang. Sebelum kegiatan, calon mahasiswa baru diberikan sosialisasi teknis pelaksanaan PKKMB pada tanggal 31 Agustus 2018 pukul 15.00 di kampus UBP Karawang.

Pelaksanaan kegiatan PKKMB dilakukan dengan memperhatikan panduan PKKMB pada surat edaran kemenristekdikti nomor 413/B/SE/VII/2018 tanggal 4 Juli 2018. Secara umum materi kegiatan PKKMB terdiri dari:
1. Pembinaan kesadaran bela negara
2. Kehidupan berbangsa dan bernegara
3. Pembinaan gerakan nasional revolusi mental: Indonesia melayani, bersih, tertib, mandiri, dan bersatu
4. Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0
5. Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia

Pelaksanaan PKKMB tahun 2018 menjadi istimewa karena kuliah umum Perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0 langsung dilakukan oleh Menristekdikti Bapak Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak pada tanggal 3 September 2018. Turut mengisi acara kuliah umum adalah Prof. Inoue Hiroaki dari Kibi Intenational University Jepang dan Sapto Aji dari Toyota. Kuliah umum dihadiri oleh Ketua Pembina YPPTPP Letjen TNI (Pur) Kiki Syahnakri, seluruh anggota dewan pembina, pengawas dan pengurus YPPTPP, Bupati Karawang, dan tokoh masyarakat. Rektor dan segenap pimpinan, dosen bersama ormawa dan mahasiswa mengikuti kegiatan dengan syukur dan bangga.

Ketua Pembina YPPTPP menyampaikan sejarah perkembangan dan pencapaian UBP Karawang mulai dari pendirian masa pendirian tahun 2014 sampai dengan penerimaan mahasiswa baru tahun 2018. Pada angkatan ke-4 mahasiswa baru UBP Karawang yang telah lulus dan registrasi sebanyak 2.025 dari 2.493 yang mendaftar. Peningkatan fasilitas terus dilakukan baik pembiayaan yayasan maupun dana hibah yang diterima dari pemda Karawang, pemprov Jawa Barat dan Kemenristekdikti.

Dalam materinya menteri mengamanatkan perlunya setiap program studi walaupun rumpun sosial memiliki matakuliah pengenalan akan teknologi informasi. Hal tersebut agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan mampu berkontribusi dalam era revolusi 4.0. Pengetahuan yang diperlukan diantaranya adalah big data, internet of thing, artificial intelligence dan cloud computing. Terdapat literasi baru pada era tersebut yaitu literasi data, literasi teknologi dan literasi human.

Pembiacara Toyota menyambut mahasiswa dengan teknologi manufaktur yang terus dikembangkan di Toyota. Kepercayaan dan kepuasan masyarakat sangat dijaga dengan prinsip make people before make product. Pembicara Kibi University menyampaikan program kerjasama UBP Karawang dan Kibi University. Sudah terdapat 2 orang mahasiswa UBP Karawang mengikuti program double degree di Kibi dan akan kembali bertambah 8 mahasiswa yang mulai berangkat ke Jepang tanggal 20 September 2018.

UBP Karawang : Cerdas, Kompeten, Kreatif, Mendunia

  1. TULISAN TERKAIT