FAKULTAS TEKNOLOGI DAN ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

Kompetitif dan Berwawasan Internasional

DAY 1 UBP Techno Day 2.0

Rabu, 30 Agustus 2017 ~ Oleh Tria Pratiwi Sutriyani ~ Dilihat 211 Kali

[DAY 1] UBP TECHNO EXPO & COMPETITION – UBP TECHNO DAY 2.0

UBP TECHNO DAY 2.0 telah resmi dibuka dan sukses dengan rangkaian acara yang pertama yaitu UBP TECHNO EXPO & COMPETITION Pada hari Minggu, 27 Agustus 2017 di Mall Techno Mart Karawang. UBP TECHNO DAY 2.0 Merupakan acara tahunan yang kedua yang di gagas oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Buana Perjuangan Karawang. Acara UBP Techno Day 2.0 diisi dengan 3 rangkaian acara utama diantaranya, UBP Techno Expo & Competition, Workshop Robotik & Seminar Digital Startup & Internet of Things.

Kemarin, rangkaian acara yang pertama yaitu UBP Techno Expo & Competition Sukses Terselenggara, Rangkaian acara yang sekaligus menjadi acara pembukaan dari UBP Techno Day 2.0 ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Buana Perjuangan Karawang Bapak Dr. H. Dedi Mulyadi SE., MM. juga dihadiri oleh Wakil Rektor Bapak Ir. Uus MD Fadli.,SE.,MM. Dekan FTIK Bapak Ahmad Fauzi M.Kom, Kaprodi Teknik Informatika Ibu Hanny Hikmayanti M.Kom, Bapak dan Ibu Dosen UBP Karawang, Perwakilan BEM FTIK serta para tamu undangan.

Acara UBP Techno Expo & Competition kali ini diikuti oleh 52 Peserta Competition yang berasal dari 11 Sekolah SMA/SMK dari Kabupaten Karawang dan Bekasi serta 1 dari Pengguruan Tinggi, yang terdiri dari 12 Perserta lomba Graphic Design, 6 Peserta lomba Web Design, 7 Peserta Lomba Photography serta 9 team Lomba Cerdas Cermat Teknologi.

Dalam acara ini juga diadakan Expo Robotik yang diikuti oleh 6 Intansi Penggiat Robotik, Diantaranya :

  1. Robot Edukasi – Universitas Gunadarman
  2. BPROTIK – Universitas Buana Perjuangan Karawang
  3. Robotics Education Center Karawang
  4. Robotik SMKN 1 Cikampek
  5. Robotik SMKN 1 Rengasdengklok
  6. Robotik SMP Al-Irsyad

Acara berlangsung dari pukul 10.00 WIB ini berlangsung cukup meriah dengan dipamerkannya hasil karya para peserta untuk perlombaan web design, design grafis dan photograhy. Para pengunjung sangat antusias untuk memberikan voting juara favorit pilihan mereka, hal itu terbukti dari sticker pack yang kami sediakan untuk voting juara favorit ini yang sold out hanya dalah 5 menit.

Para pengunjung UBP Techno Expo & Competition ini juga sangat antusias mengunjungi stand-stand robotik, mereka sangat antusias melihat langsung bagaimana robot-robot berjalan dan penasaran bagaimana untuk membuatnya.

Sementara itu di panggung utama berlangsung perlombaan Cerdas Cermat Teknologi yang dimulai dari babak semi final untuk mendapatkan 3 besar yang melaju ke babak final. Para peserta cerdas cermat teknologi sangat serius menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, juga berlangsung seru di babak rebutan soal yang akhirnya babak semifinal ini menghasilkan 3 besar yang melaju ke babak final yaitu dari SMK Mitra Karya, SMKN 1 Rengasdengklok dan SMKN 1 Pakisjaya.

Di babak final, Lomba Cerdas Cermat teknologi ini berlangsung cukup ketat, terutama untuk team dari SMKN 1 Rengasdengklok dan SMKN 1 Pakisjaya yang saling kejar mengejar point. Namun di babak akhir SMKN 1 Rengasdengklok berhasil mendominasi dan akhirnya SMKN 1 Rengasdengklok kembali menjadi juara lomba cerdas cermat Teknologi UBP Techno Day 2.0 setelah ditahun lalu juga mereka berhasil menjadi juara. Disusul oleh SMK Mitra Karya dan SMKN 1 Pakisjaya.

Diakhir, diumumkan juara-juara untuk setiap lomba, dan hasilya adalah :

  1. Lomba Web Design

Juara I : Muhammad Anas dari SMKN 1 Karawang

Juara II : Mohammad Wahyu Adi N dari SMK Mitra Karya

Juara III : Suryadi Putra dari SMK Bina Karya 1

  1. Lomba Graphic Design

Juara I : Tubagus Chandra dari SMAN 3 Karawang

Juara II : Lavydaz Ramadhan dari SMK Bina Karya 1

Juara III : Edi dari SMKN 1 Karawang

  1. Lomba Photo Graphy

Juara I : Nuryana dari Universitas Pelita Bangsa

Juara II : M. Rifqi Putra dari SMAN 3 Karawang

Juara III : Indra Lesmana dari Universitas Pelita Bangsa

  1. Lomba Cerdas Cermat Teknologi

Juara I : SMKN 1 Rengasdengklok

Juara II : SMK Mitra Karya

Juara III : SMKN 1 Pakisjaya

Dan juara favorit pilihan pengunjung untuk lomba web design, design grafis dan photography adalah :

Web Design : Muhammad Anas dari SMKN 1 Karawang

Graphic Design : Ma’mun Nawawi dari SMK Mitra Karya

Photography : M.Rifqi Putra dari SMAN 3 Karawang

Sehingga yang keluar sebagai juara Umum untuk Techno Competition tahun ini adalah SMAN 3 Karawang dengan menjuarai Juara 1 Lomba Graphic Design dan Juara 2 Lomba Photography.

Acara di tutup pada pukul 17.30 WIB dengan doa dan foto bersama. Kami dari panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mensukseskan acara ini. Kami ucapkan kepada Pihak Rektorat, Dekanat, Prodi dan Bapak Ibu Dosen yang telah mendukung penuh penyelenggaraan acara ini. Juga kepada para Sponsor Cipta Grafika sebagai Official Printing kami, BizNet sebagai official internet kami, Liquid Cyber Center, Oppo Smartphone, Sosro dan UBP Merch. Kepada Media Partner yang telah mendukung publikasi acara ini, @karawanghizz, @infokrw, Tv Berita, Tech in Asia Stundent Community, Code Politan, Info Pensi, Tekno Event, Karawang Vidgram, dan Rice Studio. Dan Pihak-pihak yang telah mendukung acara ini Terutama Mall Techno Mart yang sudah mengijinkan kami menggunakan tempatnya untuk penyelenggaraan event ini, Mapro UBP Karawang yang menjadi partner Dokumentasi acara ini yang hasil karya mereka adalah foto-foto dalam postingan ini, Robot Edukasi, Bprotik, Robotics dan Education Center, Robotik SMKN 1 Cikampek, Robotik SMKN 1 Rengasdengklok dan Robotik SMP Al-Irsyad.

Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada para dewan juri Bapak Tatang dan Bapak Ady sebagai dewan juri Wb Deisgn, Bapak Grebdian dan Bapak Dunk Rollies serta team dari Cipta Grafika yang sebagai dewan juri Desain Grafis, Bapak Jamulin Idra M.kom dan Bapak Deden Wahidin M.Kom sebagai dewan juri Cerdas Cermat Teknologi serta Mapro dan Team yang menjadi dewan juri Photography.

Dan semua pihak yang tidak bisa kami sebutkan satu-persatu, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas dukungan yang diberikan. Semoga dengan adanya acara ini bisa menumbuhkan ekosistem teknologi di Kabupaten Karawang, semoga menumbuhkan kesadaran generasi muda dan bisa terinpirasi untuk terus berinovasi dlam bidang teknologi dan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

Kami dari pihak panitia memohon maaf, apabila dalam penyelengaraan acara kemarin masih banyak kekurangan. Sampai bertemu dalam rangkaian acara selanjutnya yaitu Workshop Robotik pada tanggal 07 Oktober dan Seminar Digital Startup dan Internet of Thing pada 15 Oktober 2017 nanti.

Salam,

Panitia UBP Techno Day 2.0

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT