FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

"Bereputasi Nasional dan Berwawasan Kebangsaan"

Abdimas Teknik Industri FTIK UBP Karawang di Desa Mulyasejati

Kamis, 13 Januari 2022 ~ Oleh FTIK ~ Dilihat 186 Kali

Satu diantara implementasi Tri Darma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian masyakarat. Dimana sivitas akademika baik dosen maupun mahasiswa melakukan interaksi dengan masyarakat guna memberikan edukasi dan pendampingan terkait peningkatan potensi sosial ekonomi budaya yang ada di masyarakat desa.

Kamis 13 Januari 2022, sivitas Program Studi Teknik Industri (Prodi TI) Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Universitas Buana Perjuangan (UBP) Karawang yang diwakili oleh 11 Dosen dan 22 Mahasiswa telah melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Mulyasejati Kec. Ciampel Kab. Karawang.

Para dosen dan mahasiswa TI ini melihat peluang ekonomi UMKM yang dapat ditingkatkan, yakni penjualan makanan seperti kue bolu dan keripik yang terbuat dari bahan baku buah-buahan dan sayuran.

Menurut Koordinator Prodi Teknik Industri Ir. H. Ade Suhara, ST., MM., IPM masyarakat desa Mulyasejati sudah banyak yang menjadi pelaku UMKM, namun pendapatannya belum maksimal. "Kalau kita lihat di desa ini 7 dari 10 ibu-ibu bisa membuat kue maupun makanan ringan lain yang rasanya berani bersaing, namun kita melihat metode pengemasan dan penjualannya masih konvensional/ jadul" 

"Maka melalui Tri Darma Perguruan Tinggi ini, kami kumpulkan masyarakat desa, kemudian kami lakukan penyuluhan dan pengarahan kepada masyarakat terkait bagaimana pengemasan/packaging yang baik dan menarik, juga pemasaran produk ke pasar yang lebih luas dengan memanfaatkan platform digital / media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan yang paling ramai baru-baru ini, tiktok. Sehingga kalau kemasannya bagus, apalagi di upload di medsos akan banyak orang yang tertarik" sambungnya.

Inovasi ini merupakan upaya sivitas Prodi Teknik Industri FTIK UBP Karawang agar senantiasa berkontribusi bagi kemajuan ekonomi masyarakat desa untuk menopang pembangunan daerah dan nasional.

 

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT