FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

"Kompetitif dan Berwawasan Internasional"

MAHASISWA TEKNIK MESIN UBP KARAWANG KULIAH UMUM DI CIHANJUANG

Sabtu, 14 Maret 2020 ~ Oleh FTIK ~ Dilihat 202 Kali

Sebanyak 49 mahasiswa Teknik Mesin (TM) Universitas Buana Perjuangan Karawang mengikuti Kuliah Umum Teknik Tenaga Listrik dengan mengunjungi Laboratorium Outdoor Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yg dimiliki CV. Cihanjuang Inti Teknik (CINTEK).

Informasi yang beredar bahwa dengan kehadiran teknologi mikrohidro para tenaga ahli CV. CINTEK mampu memanfaatkan debit air yang ada disekitar pemukiman warga menjadi energi listrik, meskipun hanya berupa air selokan yang debitnya tidak terlalu besar. Tentu hal ini bisa menjadi pembelajaran bagi mahasiswa Teknik Mesin UBP Karawang untuk dikemudian hari bisa membuat  turbin listrik seperti yang dibuat oleh CV. CINTEK yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Penjelasan turbin listrik oleh Tenaga Ahli CV. CINTEK

Ir. Nana Rahdiana, ST., MT., IPM selaku dosen yang juga penanggungjawab dalam kuliah umum ini berharap para mahasiswanya bisa semakin terbuka dengan hal-hal baru, "Acuan belajar tetap pada kurikulum, tetapi penerapannya, seorang dosen harus bisa menjadi pembimbing untuk mahasiswanya agar mampu mengembangkan sesuatu yang didapat dikampus menjadi hal berguna yang sisi kemanfaatannya luas. Dari situ kami berharap mahasiswa TM bisa memanfaatkan sumber energi alternative yang ada disekeliling kita, salahsatunya air"

Lanjut Ir. Nana, "Kuliah umum ini juga sebagai upaya langkah nyata dari penerapan merdeka belajar di kampus merdeka" tuturnya.

Sesuai dengan konsep merdeka belajar yang dibuat oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makariem yang mengatakan bahwa "Kunci pelaksanaan kampus merdeka adalah inovasi dan kreatifitas" seperti dilansir CNN Indonesia.

Ir. Eddy Permadi selaku Direktur Cihanjuang Inti Teknik menjelaskan bahwa PLTMH adalah sistem pembangkit listrik yang praktis dan sederhana, point pentingnya adalah debit air, ketinggian dan pemilihan turbin.

"Saya sangat menyambut dengan baik kehadiran mahasiswa UBP Karawang di laboratorium kami, mereka aktif dan sangat antusias, begitupun para dosen yang membimbingnya, saya berharap kerjasama ini tak hanya terbatas pada kuliah umum, karena saya kira banyak hal yang bisa di sinergikan" harapnya.

Dekan Fakultas Teknik & Ilmu Komputer (FTIK) Ahmad Fauzi, S.Kom., M.Kom berharap seluruh Program Studi (Prodi) yang ada pada FTIK tak berhenti berinovasi. "Persaingan industri semakin ketat, Maka kami berharap para pembimbing mahasiswa bisa membuat terobosan-terobosan baru dalam rangka membentuk mahasiswa yang kreatif sehingga bisa menjadi sumber daya manusia yang siap bersaing" 

Lebih lanjut beliau (Dekan FTIK) menjelaskan "Untuk Kuliah Umum PLTMH yang diikuti mahasiswa Teknik Mesin, kita punya Cigolosor, lahan luas di Pegunungan Sanggabuana. Disana ada sumber dan aliran air cukup deras yang mungkin bisa dimanfaatkan sebagai media penelitian dan praktek dalam membuat turbin PLTMH, mudah-mudahan bisa segera di implemtasikan" imbuhnya.

Jajaran Dosen Program Studi Teknik Mesin UBP Karawang kabarnya akan segera menindaklanjuti kerjasama dengan CV. Cihanjuang Inti Teknik sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas pembelajaran mahasiswa. - TU FTIK

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT