FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER

UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG

Kompetitif dan Berwawasan Internasional

Sejarah

Selasa, 08 Agustus 2017 ~ Oleh Tria Pratiwi Sutriyani ~ Dilihat 814 Kali

Universitas Buana Perjuangan Karawang disingkat UBP Karawang merupakan respon atas kebutuhan pendidikan tinggi masyarakat Karawang dan sekitarnya, mengingat potensi Karawang dan sekitarnya yang sangat besar sehingga membutuhkan sumberdaya manusia yang kompeten. Karawang sebagai kabupaten di Propinsi Jawa Barat berbatasan dengan Kabupaten Bekasi di barat, Laut Jawa diutara, Kabupaten Subang ditimur, Kabupaten Purwakarta ditenggara dan Kabupaten Ciamis diselatan. Selain terkenal dengan sebutan "Lumbung Padi" saat ini di Karawang juga terdapat ribuan perusahaan yang tersebar dibeberapa Kawasan Industri mulai dari Karawang Barat sampai Cikampek. Hal ini menunjukan bahwa Karawang merupakan Kabupaten yang maju dan berkembang dibidang pertanian dan Industri. Perkembangan Karawang ditunjang oleh lahan yang luas serta lokasi yang strategis dan berdekatan dengan ibukota Jakarta.

Area industri terbesar di Asia Tenggara ini menjadi pemicu bagi UBP Karawang untuk dapat berperan membantu masyarakat Karawang dan nasional untuk memiliki keahlian yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan dunia usaha. UBP Karawang berupaya secara kreatif dan inovatif menciptakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dalam menunjang kemajuan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat. UBP Karawang mendapatkan izin Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK No. 611/E/O/2014 tentang Izin Pendirian Universitas Buana Perjuangan Karawang tanggal 17 Oktober 2014.

Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer (FTIK) UBP Karawang menghimpun penyelenggaraan program studi bidang sains dan teknologi. Pendirian FTIK melalui SK Ketua Umum Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan (YPPTPP) Nomor 002/SK/A/I/2015 tanggal 14 Januari 2015. Program studi yang diselenggarakan FTIK pada awalnya terdiri atas 4 program studi jenjang sarjana bidang eksakta. Penamaan Teknologi dalam nama fakultas adalah representasi untuk program studi Farmasi dan Teknik Industri, sedangkan Ilmu Komputer adalah representasi untuk program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Seiring dengan kebutuhan masyarakat dan perkembangan UBP Karawang, pada tahun 2019 program studi pada FTIK telah bertambah menjadi 5 program studi yaitu Teknik Mesin sebagai program studi baru melalui SK Menristekdikti No. 441/KPT/I/2019 tanggal 10 Juni 2019.

Dinamika dalam upaya peningkatan kemandirian dan kompetensi bidang ilmu program studi telah melahirkan pengembangan fakultas di UBP Karawang. YPPTPP yang telah berubah menjadi Yayasan Buana Pangkal Perjuangan (YBPP) Karawang mengeluarkan SK tentang Pembentukan Fakultas Baru pada tanggal 9 September 2019. Berdasarkan SK tersebut program studi Farmasi beralih penyelenggaranya oleh Fakultas Farmasi. Sedangkan FTIK menjadi penyelenggara untuk program studi Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Informatika dan Sistem Informasi  berubah nama menjadi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.